8 Oleh-oleh Khas Medan yang Wajib Dibawa Pulang

pesan tiket pesawat

Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia, yang banyak dikunjungi wisatawan. Karena kota ini memang punya banyak tempat wisata dan jika Anda ingin wisata kuliner Medan juga jadi salah satu juaranya dengan berbagai kuliner yang unik. Yang tidak kalah menarik adalah oleh-oleh khas Medan juga sangat beragam, bahkan rasanya Anda ingin sekali bawa pulang semua oleh-olehnya dengan tampilan dan rasa yang unik pula. 

Jika Anda berasal dari luar kota dan ingin ke Medan pastikan pesan tiket pesawat secara online, hal ini agar lebih praktis dan tidak buang waktu. Apakah Anda butuh rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang populer dan diminati wisatawan? 

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Medan

 Untuk yang sedang ke Medan dan masih bingung ingin bawa oleh-oleh apa saat pulang dari kota ini, berikut beberapa rekomendasinya.

1. Bika Ambon

Direkomendasi pertama ada bika ambon. Oleh-oleh khas Medan ini merupakan makanan lezat yang sangat terkenal, tidak hanya bagi warga lokal namun juga para wisatawan karena bika ambon memang memiliki tampilan yang unik dengan rasa yang unik pula. Bika ambon memiliki tampilan dengan tekstur berserat dan rasanya juga legit.

Makanan khas Medan ini dibuat dari tepung tapioka, gula, santan dan juga telur serta ada tambahan air nira. Selain varian rasa original, Anda bisa menemukan varian rasa bika ambon mulai dari pandan hingga keju.

2. Bolu Meranti

Untuk Anda yang suka kue bolu maka jangan lewatkan untuk membawa oleh-oleh bolu meranti untuk keluarga. Bolu meranti ini adalah kue bolu khas Medan yang rasanya legit dengan tipe bolu gulung. Bolu meranti terdiri dari berbagai varian rasa mulai dari keju, nanas, moka, strawberry sampai kacang hingga blueberry. Apalagi bolu meranti bisa bertahan sampai 7 hari jika disimpan di mesin pendingin.

3. Lapis Legit

Lapis legit merupakan jenis kue basah yang juga terkenal di Medan. Lapis legit Medan memiliki ciri khas yaitu rasanya yang tidak hanya manis namun juga gurih dan beraroma menggoda. Lapis legit khas Medan memiliki aroma yang berbeda karena memang ditambahkan keju dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Lapis legit Medan juga terdiri dari banyak pilihan rasa yang harganya terbilang cukup terjangkau.

4. Lemang

Kue basah lainnya yang juga cukup terkenal di Medan adalah lemang. Lemang merupakan makanan khas melayu yang dibuat dari beras ketan dengan bentuk menyerupai lontong nasi yang panjang namun rasa lemang ini lebih gurih karena menggunakan santan saat proses pembuatannya.

Lemang bisa dijadikan oleh-oleh untuk Anda yang berasal dari luar kota, namun kekurangan dari oleh-oleh khas Medan ini adalah lemang hanya bisa bertahan satu hari saja jadi tidak cocok untuk Anda yang pulang liburan dari Medan dengan bus.

 5. Kopi Sidikalang

Selain oleh-oleh berupa makanan, Anda pecinta kopi jangan sampai lupa bawa oleh-oleh kopi sidikalang dari Medan. Kopi sidikalang merupakan kopi yang cukup terkenal dengan jenis kopi robusta dan arabika. Sidikalang sendiri merupakan salah satu daerah di Sumatera Utara, yang menghasilkan kopi asli Sumatera dengan kualitas rasa yang tinggi.

Tidak perlu jauh-jauh ke sidikalang karena pusat oleh-oleh khas Medan banyak menjual jenis kopi ini.

 6. Sirup Markisa

Selain kopi sidikalang Anda jangan lupa pula untuk membawa oleh-oleh khas Medan berupa sirup yaitu sirup markisa. Sirup ini berasal dari buah markisa asli jadi sudah pasti rasa yang dihasilkan manis asam dan menyegarkan.

 Jeruk markisa juga kaya akan vitamin C jadi sangat baik untuk daya tahan tubuh. Untuk menemukan sirup markisa tidak perlu bingung, karena sangat banyak di pusat oleh-oleh ataupun di minimarket hingga supermarket.

 7. Kacang Sihobuk

Anda juga bisa bawa oleh-oleh khas Medan yaitu kacang sihobuk yang merupakan jenis kacang sangrai dengan cara pembuatan yang masih tradisional. Kacang satu ini diproses dengan merendam kacang tanah dalam air selama 3 sampai 5 jam lalu dikeringkan sebelum akhirnya disangrai. Proses sangrai kacang ini menggunakan pasir sebagai pengganti minyak sehingga akan menghasilkan kacang goreng atau kacang sihobuk yang disukai banyak orang.

 8. Ulos

Yang terakhir ada ulos, di mana ulos merupakan kain tradisional khas suku Batak. Kain ini proses pembuatannya dengan ditenun berbentuk selendang panjang dan menjadi salah satu barang unik yang dicari banyak wisatawan. Kain ulos punya banyak motif dengan makna dan filosofi berbeda-beda yang disesuaikan dengan penggunanya. Menemukan kain ulos juga tidak susah, karena banyak dijual di pusat oleh-oleh Medan atau bisa juga dengan membelinya di danau Toba saat liburan ke destinasi wisata terbaik di Sumatera Utara.

Itu tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Medan yang wajib Anda bawa pulang untuk keluarga di rumah. Untuk yang ingin jalan-jalan ke Medan, berasal dari luar kota pastikan beli tiket di Traveloka melalui aplikasi. Di Traveloka sudah pasti beli tiket pesawat hingga booking hotel lebih cepat dan mudah serta banyak promo yang dihadirkan.